VISITORS

Flag Counter

Arsip Blog

Anshar Music

PEMBUATAN GERBANG LOGIKA XOR DAN XNOR

MAKSUD DAN TUJUAN PERCOBAAN
-          Mempelajari fungsi gerbang-gerbang logika dasar dan karakteristik IC TTL
-          Mengetahui cara kerja rangkaian gerbang logika kombinasi
-          Membuat tabel kebenaran
-          Mengukur tegangan input hingga output dari rangkaian gerbang logika kombinasi

B.     PERALATAN DAN BAHAN
-          IC TTL 7404, 7408 dan 7432
-          LED
-          Push button
-          Resistor
-          PCB
-          Avo meter
-          Kabel jumper dan kabel-kabel penghubung
-          Sumber tegangan ( Battery ) 9V

C.     LANDASAN TEORI
Perancangan sebuah rangkaian logika kombinasional umumnya diawali dengan penjelasan dan spesifikasi device dan diakhiri dengan pengujian rangkaian logika yang sesuai. Berikut ini adalah langkah-langkah-langkah (prosedur) perancangan :
a)      Memahami device. Menggambarkan fungsi device, kemudian menentukan spesifikasi input dan output.
b)      Membuat Tabel Kebenaran. Dari Algoritma yang digunakan, membuat table kebenaran yang menjelaskan hubungan I/O dengan lebih terperinci.
c)      Memeriksa Hasil. Memeriksa kembali rangkaian logika berdasarkan fungsi atau logikanya.
  

d)     Symbol - Gerbang logika XOR :
-   Gerbang logika XNOR :


BAB II
PEMBAHASAN

A.    LANGKAH-LANGKAH PERCOBAAN
1.      Siapkan alat-alat yang akan digunakan
2.      Tentukan urutan kaki-kaki IC
3.      Mulai merangkai seperti skema di bawah ini pada PCB:

Skema rangkaian gerbang logika XOR :
Skema rangkaian gerbang logika XNOR :
A.    HASIL PERCOBAAN
Tabel kebenaran dari Gerbang Logika XOR :

B.     ANALISA PERCOBAAN
Gerbang ini mempunyai dua masukan dan satu keluaran. XOR adalah nama lain dari OReksklusif. Disebut demikian sebab gerbang XOR memberikan keluaran 1 bila masukan pertama atau masukan kedua adalah 1, namun tidak kedua-duanya. Dengan kata lain, gerbang XOR mempunyai keluaran 1 hanya bila ke dua masukannya berbeda dan keluarannya 0 apabila ke dua masukannya sama.
Gerbang XNOR adalah gerbang yang mempunyai dua input dan sebuah output. Gerbang NOT bernilai 1 jika semua inputnya sama, sedangkan bernilai 0 jika inputnya tidak sama.

BAB III
PENUTUP
A.    KESIMPULAN
Berdasarkan hasil percobaan yang dilakukan, dapat dibuat suatu kesimpulan bahwa masing – masing gerbang logika, mempunyai cara kerja yang berbeda – beda, dan karakteristik yang berbeda pula.
Gerbang logika XOR adalah gerbang logika yang memerlukan input berbeda untuk hasil output 1. Dan gerbang logika XNOR adalah gerbang logika yang memerlukan input berbeda untuk hasil output 0.
Pada rangkain percobaan tersebut telah terbukti bahwa logika 1 memberikan input pada LED adalah menyala, sedangkan 0 LED tidak menyala.
  

B.     PENUTUP
Dalam situasi yang semakin global seperti sekarang ini dihadapkan kepada berbagai tantangan. Dalam keadaan demikian, dijumpai adanya manusia yang berhasil meyikapi kehidupan global tersebut secara lebih bermakna dan berguna, tetapi malah ada juga yang tidak tahu arah yang harus dituju.

Dan dengan mengucapkan rasa syukur kepada Allah yang telah melimpahkan rahmat, taufik, hidayat, serta inayah-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan tugas laporan praktikum ini, semoga uraian-uraian yang kami sampaikan dalam makalah ini dapat bermanfaat bagi kami sendiri dan para pembaca.

Kami menyadari makalah ini masih kurang sempurna, maka dari itu kritik dan saran yang konstruktif sangat membantu dalam kesempurnaan makalah ini. Kami berdo’a  kepada Allah semoga Allah meridhoi makalah ini.

Terima kasih telah membaca artikel tentang PEMBUATAN GERBANG LOGIKA XOR DAN XNOR di blog Anshar Share jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :