VISITORS

Flag Counter

Arsip Blog

Anshar Music

Berbagi Print dengan Print Sharing di Windows 7

Pernahkah Anda membuat dokumen pekerjaan kantor dengan jumlah yang  banyak? Deadline yang mepet? Sedangkan perangkat cetak (printer) terbatas jumlah dan tempat yang mungkin jauh dari komputer?
Cobalah Anda untuk meminta teman sekantor untuk sedikit berbaik hati dengan dengan membagi printer, membagi disini artinya memberikan layanan tugas printer yang sama yaitu mencetak dokumen dari komputer lain. Jadi Anda tidak perlu lagi memindahkan data seperti yang masih sering Anda lakukan selama ini. Pinjam flashdisk yang berisi ribuan virus untuk meng-copy data lalu nge-print dari komputer lain, atau bahkan memindahkan komputer / laptop ke tempat printer berada. Tancapkan kabel USB, waduhhh repot nih… belum lagi CD driver yang hilang entah kemana, akhirnya mencari juga di Internet.
Bisa Anda bayangkan untuk keperluan nge-print saja paling tidak Anda memerlukan waktu 20 menit atau bahkan lebih untuk hal-hal tersebut yang tentunya tidak perlu dilakukan. Dengan memanfaatkan jaringan komputer lokal (LAN) yang ada, Anda bisa memanfaatkannya untuk berbagi printer tersebut. Hanya dibutuhkan beberapa menit pengaturan, tetapi akan memberikan manfaat yang besar bagi efisiensi tenaga dan waktu kerja.
Berikut yang perlu dilakukan. Saya ilustrasikan contoh printer sharing dengan skenario 2 komputer, pastikan komputer sudah terhubung jaringan satu sama lain, boleh pakai jaringan kabel atau wireless (WiFi).

1.Printer A sudah terinstall printer, dan untuk keperluan mencetak sudah OK tanpa ada masalah driver atau kabel USB.
2.Printer B belum terinstall printer.
3.Pastikan kondisi jaringan komputer (network) tidak ada masalah, cobalah untuk cek koneksi antara keduanya.

Pengaturan pada komputer A:
1. Buka Control Panel lalu klik View devices and printers.
2. Akan terlihat beberapa perangkat (device) yang sudah terinstall pada komputer A.
3. Printer yang aktif dan terhubung langsung (direct) ke komputer adalah printer yang bertanda centang hijau, klik icon printer tersebut lalu klik kanan pilih Properties.
*) printer dengan tanda centang hijau adalah printer default pada komputer A.
4. Pada window Properties, klik tab Sharing
5. Berikan tanda centang pada kotak Share this printer, secara default nama sharing akan mengikuti nama printer, tetapi Anda juga bisa mengubah nama share tersebut. Akhiri pengaturan dengan klik OK
6. Window akan kembali lagi pada Control Panel device and printer, sekarang status icon printer akan berubah pada State terdapat icon dua orang, artinya printer dalam keadaan di-share.


Pengaturan pada komputer B:
1. Buka Control Panel lalu klik View devices and printers. Lalu klik Add a printer.
2. Kemudian klik pada Add a network, wireless or Bluetooth printer.
3. Dengan adanya jaringan komputer (network) yang ada, Windows akan melakukan pencarian printer yang disharing di dalam network.
Tunggu beberapa saat sampai Windows menemukan printer dari komputer A.
Jika Windows tidak menemukan share printer, lakukan pencarian lagi dengan mengklik Search again.
Contoh pada tutorial saya ini:
Printer Name = Canon MP250 series Printer-Ibnu on DELL-01-PC
Address = \\DELL-01-PC\Canon MP250

Dapat saya jelaskan yaitu printer dengan nama share Canon MP250 series Printer-Ibnu disediakan oleh komputer dengan hostname DELL-01-PC dengan address atau alamat \\DELL-01-PC\Canon MP250 series Printer-Ibnu. Komputer lain juga dapat menggunakan resource share printer ini dengan mengetikkan alamat tersebut pada address bar Windows Explorer.
4. Windows akan mencoba melakukan koneksi komunikasi share printer serta melakukan pencarian resource seperti driver
5. Koneksi share printer telah berhasil terbentuk antara komputer A dengan komputer B.
6. Pengaturan pada komputer B selesai, klik Finish
7. Silakan kembali lagi pada Control Panel, terlihat share printer dari komputer A sudah muncul.

Dengan teknik berbagi pinter sharing tersebut tentunya akan sangat bermanfaat pada jaringan komputer (network) skala kecil sampai menengah seperti di rumah, kantor, instansi pemerintahan atau sekolah. Perlu diketahui juga untuk printer sharing ini sangat tergantung dengan aktifnya komputer penyedia sharing, artinya komputer sharing harus terhubung ke jaringan komputer lokal serta koneksi langsung ke printer melalui kabel USB. Teknik print sharing ini juga dapat diimplementasikan pada printer yang sudah memiliki fasilitas dedicated sharing, biasanya printer jenis ini sudah terdapat port standar untuk kabel LAN UTP RJ45. Jadi printer cukup dilakukan pengaturan IP address disesuaikan dengan IP address yang sudah ada di LAN, hostname, kemudian dikoneksikan ke switch atau hub, Anda tinggal lakukan seperti pada pengaturan komputer B.
Terima kasih telah membaca artikel tentang Berbagi Print dengan Print Sharing di Windows 7 di blog Anshar Share jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :